Manfaat dan Kegunaan Facebook Canvas

Di dunia digital, kecepatan merupakan salah satu faktor terpenting yang selalu jadi obsesi dari setiap pemilik web. Karena sangat mudahnya bagi pengunjung untuk pergi atau merasa frustrasi saat singgah di sebuah halaman web yang lamban terbuka.

Beruntung, sebagai sebuah platform online ads paling mutakhir, Facebook selalu memahami apa yag diperlukan oleh para pengguna dengan menghadirkan solusi beriklan yang dapat memangkas jarak waktu antara pesan iklan dan audience yang dituju, namun tetap terlihat menarik sehingga dikatakan mampu membuat pengunjung tidak hanya menyimak secara seksama, melainkan juga seakan menjadi bagian dari iklan tersebut: yaitu Facebook Canvas.

Baca juga: Digital Entrepreneur Institute

Facebook Canvas merupakan salah satu Ad Creative yang disediakan oleh Facebook, disamping format konvensional yang selama ini sudah Anda kenal, yakni Images (gambar) dan Videos, atau fitur iklan yang khas Facebook, seperti Carousel dan Collection.

Kata kunci dari Facebook Canvas adalah seamless, yaitu pengalaman akses iklan fullscreen yang menarik dan interaktif pada perangkat mobile yang transisinya begitu halus serta sangat cepat (diklaim 10x lebih cepat dibandingkan mobile web standar) sampai-sampai nyaris tak dirasakan oleh pengguna.

Baca juga: Biaya Beriklan di Facebook

Walaupun sudah sedemikian futuristiknya (sama halnya dengan Carousel atau Collection), secara prinsip ternyata tidak semua campaign dan advertiser cocok apalagi wajib menggunakan Facebook Canvas dalam iklan Anda. Berikut manfaat dan kegunaan Facebook Canvas:

Cocok bagi yang tidak memiliki website

Dibandingkan membuat creative dengan space terbatas pada status dengan mencantumkan kontak, Facebook Canvas mampu memuat gambar yang jauh lebih menarik dan informasi yang jauh lebih banyak. Selain itu, Facebook Canvas juga dapat menghindari tombol CTA seperti kontak WA/SMS/Email yang mendukung auto invite/auto chat/auto format isi yang akan memudahkan pelanggan.

Baca juga: Facebook & Instagram Ads Mastery

Cocok untuk target pengguna mobile

Meski saat ini traffic mobile adalah sebuah keniscayaan, nyatanya tidak semua produk dan layanan pas dengan traffic mobile yang sifatnya tunggal. Perlu Anda ketahui, bahwa Facebook Canvas hanya berjalan pada perangkat mobile saja. Sebagian mungkin membutuhkan traffic yang dikombinasikan dengan pengguna desktop, sebagian yang lain mungkin hanya membutuhkan traffic dari desktop saja.

Cocok untuk brand awareness

Facebook Canvas merupakan media yang pas untuk kebutuhan memperkenalkan brand dengan desain fullscreen yang amat menarik untuk dilihat disertai area yang relative luas untuk kebutuhan storytelling. Tujuannya tentu supaya merek dan pesan yang disampaikan memberikan kesan positif dan lengket di kepala mereka yang melihatnya.

Baca juga: Membeli Iklan di Facebook

Post a Comment