Manfaat Menggunakan Email Automation untuk Promosi

Mungkin Anda sudah tahu apa itu email marketing dan apa saja aktivitas yang ada di dalamnya. Konsep email marketing ini sangat sederhana. Anda hanya perlu melakukan hal berikut:

  • Membangun list alamat email atau database email.
  • Membuat email yang bagus.
  • Mengirimkan email tersebut ke database email yang Anda miliki.

Fungsi email automation sendiri yaitu untuk membantu mempermudah Anda dalam mengriimkan email, membuat segmentasi dan mengirimkan email lanjutan secara otomatis. Berikut beberapa manfaat menggunakan email automation untuk promosi:

Baca juga: 11 Mindset Entrepreneur yang Perlu Dimiliki

1. Memberikan Konversi yang Lebih Besar

Melalui fitur email automation, Anda bisa mem-follow up orang-orang yang ada di list Anda dengan mudah. Follow up yang bisa Anda lakukan dengan email automation ini ada 3, yaitu:

  • Mem-follow up orang-orang yang sudah klik melakukan checkout namun setelah melewati batas transfer tidak juga melakukan pembayaran.
  • Mem-follow up orang-orang yang belum melakukan pembayaran mendekati batas waktu atau jatuh tempo.
  • Memberikan notifikasi order seperti invoice, informasi pengiriman dan lain sebagainya.

Seihingga dengan kemudahan mem-follow up ini dapat memberikan konversi yang lebih besar terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Digital Entrepreneur Institute

2. Memelihara List Email

Anda mungkin sudah pernah melakukan broadcast email ke seluruh kontak atau list email Anda. Apabila sekali atau dua kali tidak ada masalah, namun jika berkali-kali Anda mengirimkan broadcast email ke seluruh list email akan menimbulkan kendala. Kendala yang akan timbul adalah makin lama open rate Anda semakin turun dan jumlah orang yang unsubscribe semakin banyak.

Karena pada dasarnya email yang Anda kirim melalui broadcast tidak akan 100% cocok terhadap list email Anda. Oleh karena itu, Anda butuh melakukan segmentasi. Anda butuh melakukan pemisahan terhadap siapa saja yang membuka email Anda dan siapa saja yang tidak membukanya. Hal tersebut bisa sangat mudah dilakukan dengan fitur email automation.

Baca juga: 3 Masalah Utama yang Tidak Disadari oleh Startup Entrepreneur

3. Segmentasi List

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada poin nomor dua, bahwa email automation dapat digunakan untuk melakukan segmentasi dengan sangat mudah. Dengan segmentasi yang baik, maka Anda akan dapat menghasilkan penjualan yang benar-benar tertarget.

4. Menghemat Waktu Anda

Sebenarnya kalau kita perhatikan lagi fitur automation ini fungsinya hampir mirip dengan fungsi broadcast email, segmentasi dan autoresponder. Jika Anda menggunakan 3 fitur tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun apabila dengan fitur email automation, bisa menghemat waktu Anda dalam melakukan fungsi broadcast, segmentasi dan autoresponder.

Baca juga: 10 Strategi Digital Marketing yang Perlu Diketahui Para Marketer

Post a Comment