Nougat OS Terlaris Android, Begini Strategi Marketing-nya di Sosial Media

Android 7.0 Nougat akhirnya menjadi versi Android paling laku dipakai oleh para penggunanya. Seperti yang dilansir dari portal berita CNN, bahwa dalam laman resmi Android, tingkat adopsi Nougat sudah mencapai 28,5 persen. Berada di belakangnya secara berturut-turut adalah Android Marshmallow, Lollipop, dan KitKat. Sementara Oreo, versi Android paling anyar, baru diserap sekitar 1,1 persen dari pengguna total Android. Bisa dilihat rentang perbedaan penguna yang sangat jauh.

Kira-kira apa penyebabnya ya, Android Oreo yang teranyar kalah saing dengan Android Nougat?

Baca juga: Manfaat Sosial Media untuk Keberhasilan Bisnis Anda

Bisa jadi penyebabnya kurang mempromosikan fitur-fitur terbaru dari Android Oreo. Nah, kasus di atas bisa diambil contoh untuk produk Anda yang dirasa kurang peminatnya. Anda perlu menganalisis penyebabnya. Disamping menganalisa, Anda perlu membangun brand untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan di sosial media.

Kenapa harus di sosial media?

Pelajari cara beriklan di sosial media Facebook dan Instagram Ads.

Seperti yang Anda tahu, sosial media telah menjadi sebuah channel yang semakin popular dalam dunia marketing untuk hampir semua jenis usaha. Namun, untuk bisnis yang baru maupun yang sudah lama bergelut di sosial media, pasti masih merasa bingung mana platform dan strategi yang cocok untuk bisnis Anda. Bahkan mungkin masih ragu, apakah sosial media tepat untuk strategi marketing bisnis Anda. Berikut 6 strategi marketing di sosial media:

1. Tentukan tujuan sosial media engagement

Setiap brand perlu punya tujuan yang jelas agar dapat menentukan arah aktivitas sosial media yang dapat menunjang bisnis. Apa fokus utama Anda berpartisipasi dalam sosial media? Apakah Anda ingin mengumpulkan leads dan meningkatkan penjualan? Ataukah Anda ingin membangun dan memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan?

Baca juga: 5 Fakta Sosial Media Marketing

2. Pilih platform yang mendukung brand image

Ada banyak sekali platform sosial media yang tersedia, tidak perlu juga Anda menjadikan semua sosial media tersebut menjadi platform untuk srategi marketing bisnis Anda. Cukup pilih platform yang mendukung tujuan Anda pada poin satu di atas dan memberikan pengaruh yang berarti bagi konsumen. Selain itu, Anda juga bisa memilih berdasarkan di mana biasanya konsumen dan target pasar Anda paling banyak berkumpul.

3. Pertahankan konsistensi di setiap platform

Walaupun polanya dapat berbeda untuk setiap platform, Anda perlu menjaga konsistensi tema dan konten yang Anda pakai di seluruh sosial media yang Anda pilih. Konsistensi membuat brand Anda menjadi lebih memorable. Tentunya Anda ingin brand Anda selalu diingat oleh konsumen, bukan?

Pelajari cara membuat konten yang dapat menarik minat konsumen Anda.

4. Sajikan konten yang bermutu dan shareable

Bagikan konten yang menghibur, mengedukasi, dan dapat membantu memecahkan masalah konsumen atau follower Anda. Dengan memberikan konten yang berguna bagi follower Anda, Anda dapat menciptakan reputasi yang lebih besar di sosial media.

5. Dengar dan respon

Manfaatkan sosial media Anda untuk memberikan customer service bagi konsumen Anda. Dengar semua yang disampaikan oleh konsumen Anda dan respon sesegera mungkin dengan balasan yang helpful. Tanggapi setiap feedback yang masuk, baik positif maupun negatif. Tunjukkan bahwa Anda sangat menghargai setiap masukan dari konsumen Anda.

Baca juga: Hubungan Antara Digital Marketing dan Sosial Media Marketing

6. Bangun hubungan dengan influencer

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan terutama jika Anda masih baru atau belum memiliki nama yang cukup terkenal. Coba libatkan infuencer yang berkaitan dengan bisnis Anda dalam aktifitas sosial media. Seperti mention mereka atau konten mereka dalam postingan. Dengan begitu, mereka akan terdorong untuk menyebarkan brand atau konten Anda kepada follower mereka. Keuntungannya Anda dapat promosi gratis ke forum yang lebih luas dan kemungkinan akan memperoleh pelanggan baru.

Diharapkan tips-tips di atas dapat membantu Anda untuk masuk dan bermain di dalam sosial media marketing dengan lebih baik dan terarah. Jika Anda masih kesulitan dalam membuat strategi marketing di sosial media, tidak ada salahnya untuk terus mencari pembelajaran agar ilmu digital marketing Anda semakin terasah dan ter-update. Pelajari ilmu digital marketing lebih dalam lagi agar bisnis Anda tidak tertinggal di era modern saat ini.

Post a Comment