BNI Bikin Strategi Makin On Point setelah Belajar Design Thinking dan Digital Marketing
BNI berkolaborasi dengan Digital Marketing School dalam Pelatihan Design Thinking dan Digital Marketing dilaksanakan secara online dan offline selama 5 hari dari tanggal 11-15 Desember 2023.
Tantangan yang Dihadapi
Banyak perusahaan kesulitan menciptakan value proposition yang benar-benar menjawab masalah pelanggan, sementara di sisi lain, lanskap digital yang terus berkembang menuntut strategi pemasaran yang lebih canggih dan berbasis data. Berikut tantangan yang dihadapi oleh Bank Negara Indonesia (BNI):
1. Kurangnya pemahaman kebutuhan pelanggan
Perusahaan mungkin kesulitan memahami kebutuhan, keinginan, atau masalah spesifik pelanggan sehingga value proposition kurang relevan atau menarik.
2. Produk/jasa kurang berbeda di pasar
Value proposition tidak cukup unik untuk membedakan perusahaan dari kompetitor.
3. Inovasi yang stagnan
Tidak ada pendekatan baru dalam menciptakan atau menyampaikan nilai, membuat perusahaan tertinggal dalam persaingan.
4. Keterbatasan kolaborasi tim
Kurangnya metode atau pendekatan sistematis dalam mengembangkan solusi berbasis pelanggan secara kolaboratif.
5. Kesulitan menjangkau target audiens
Perusahaan belum memahami karakteristik atau kebiasaan digital pelanggan.
6. Strategi pemasaran tradisional
Tidak memanfaatkan alat atau teknologi pemasaran terbaru seperti SEO, media sosial, atau iklan digital berbasis data.
7. Kurangnya pengukuran efektivitas kampanye
Kesulitan menganalisis ROI atau dampak dari aktivitas pemasaran.
8. Persaingan digital yang ketat
Sulit bersaing dengan kompetitor yang lebih mapan secara digital.
9. Kurang fleksibel terhadap perubahan tren
Tidak mampu beradaptasi dengan perubahan cepat di lanskap pemasaran digital.
Peserta Acara
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau biasa disingkat menjadi BNI adalah BUMN yang menyediakan berbagai macam jasa keuangan yang memiliki 1.779 outlet.
Pelatihan ini di ikuti oleh 25 orang peserta dari Divisi Customer Retail Segment (CSR) yang terdiri dari beberapa segment diantaranya Business owner, Affluent, Mass dan Payroll.
Deskripsi Acara
Pelatihan Design Thinking dan Digital Marketing ini diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 11-15 Desember 2023. Pemateri dalam program ini adalah Mas Abi Sapta, MMSI dan Bapak Dr. Tri Utomo Wiganarto, MM.
Terdapat 9 materi yang disampaikan dalam program Pelatihan Design Thinking dan Digital Marketing, yaitu:
1. Innovation Capability
2. Digital Communication Trend
3. Customer Network
4. Customer Collaboration
5. Customer Experience Touchpoint
6. Job To Be Done & Net Promotor Score
7. Social Media Framerwork
8. Social Media Plan
9. Creative Cotent
Hari Pertama
Pembahasan hari pertama adalah Innovation Capability yang merupakan kemampuan perusahaan untuk menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan ide-ide baru yang meningkatkan produk, layanan, atau proses bisnis guna memenuhi kebutuhan pelanggan dan bersaing di pasar. Materi ini disampaikan oleh Pa Tri.
Hari Kedua
Hari Kedua membahas tentang Digital Communication Trend yang disampaikan oleh Mas Abi, menjelaskan perubahan dalam cara komunikasi digital, seperti penggunaan media sosial, AI dalam customer engagement, konten video pendek, personalisasi pesan, dan platform interaktif untuk menjangkau audiens secara lebih efektif.
Hari Ketiga
Pada hari ketiga membahas Customer Network yang disampaikan oleh Pa Tri. Menjelaskan mengenai kumpulan hubungan pelanggan yang saling terhubung melalui media sosial, komunitas, atau platform digital.
Hari Keempat
Selanjutnya dihari keempat membahas mengenai,
1. Customer Collaboration : Proses melibatkan pelanggan dalam menciptakan, mengembangkan, atau menyempurnakan produk atau layanan.
2. Customer Experience Touchpoint : Setiap titik interaksi antara pelanggan dan perusahaan di sepanjang perjalanan pelanggan.
3. Job To Be Done & Next Promotor Score : Pendekatan untuk memahami apa yang pelanggan ingin “selesaikan” melalui produk atau layanan tertentu dan Metode untuk mengukur loyalitas pelanggan.
Hari Kelima
Hari terkahir membahas mengenai,
1. Social media Framework : Kerangka kerja sosial media.
2. Social Media Plan : Rencana terperinci tentang bagaimana perusahaan menggunakan media sosial untuk mencapai tujuan bisnis.
3. Creative Content : Konten yang dirancang untuk menarik perhatian audiens melalui berbagai elemen.
Dampak dan Manfaat bagi Peserta
Peserta mampu menciptakan inovasi yang relevan dengan kebutuhan pasar, menguasai tren komunikasi digital terbaru, dan membangun koneksi pelanggan yang lebih kuat.
Dengan pemahaman tentang pengalaman pelanggan dan kolaborasi, mereka dapat menciptakan produk atau layanan yang lebih sesuai.
Selain itu, peserta dapat merancang strategi media sosial yang efektif, menciptakan konten kreatif yang menarik, serta meningkatkan loyalitas pelanggan melalui pendekatan berbasis data dan analisis. Pelatihan ini mendorong peningkatan kompetensi, produktivitas, dan daya saing individu di dunia kerja.
Bawa Tim Anda ke Level Berikutnya dengan Corporate Training dari Digital Marketing School. Mulai dari strategi digital marketing, pengelolaan iklan, hingga analisis data, kami akan memberikan tools dan pengetahuan praktis untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.
Segera ikuti Program Corporate Training bersama Digital Marketing School! Respon cepat hubungi 0812-2051-6068. Dapatkan juga informasi menarik lainya di Instagram Digital Marketing School.