Rahasia Facebook Ads VS Google Adwords, Mana yang Lebih Baik?

Sekarang ini, perkembangan promosi dunia bisnis sudah berkembang pesat. Tidak hanya memanfaatkan media elektronik, maupun media cetak, kini promosi produk itu bisa dilakukan juga di dunia digital / online.Ada dua jenis iklan berbayar yang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya, yaitu Google dan Facebook.

Keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Google sebagai mesin pencari, menggunakan hasil pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan. Sedangkan Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah penggunanya yang begitu banyak, bisa dijadikan sebagai tempat yang pas untuk meletakkan iklan. Lalu kalau ingin memilih salah satu, manakah yang paling efektif? Facebook Ads vs Google Adwords?

Pelajari tips and trick beriklan yang mendapatkan konversi tinggi.

Facebook Ads

Facebook Ads merupakan layanan periklanan yang disediakan oleh media sosial terbesar di dunia, Facebook. Peletakan iklan mereka berada di sisi kanan tampilan media sosial Facebook dengan keterangan “Sponsored” dan juga di bagian News Feed.

Kelebihan:

Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, maka Facebook menjadi tempat di mana banyak orang bersosialisasi setiap harinya. Dari banyaknya orang inilah Facebook memanfaatkan yang namanya Efek Viral dari para penggunanya.

Sehingga Facebook memungkinkan kita sebagai orang yang memasang iklan untuk menentukan target dari iklan yang kita pasang. Pengaturan itu mulai dari usia, status, bahasa, dan negara. Dengan begitu, maka Facebook akan menayangkan iklan dengan melihat profil penggunanya.

Baca juga: Untuk Para Marketer, Kenali Facebook Ads Dulu Sebelum Mulai Beriklan

Kekurangan:

Kekurangan dari media iklan berbayar yang satu ini adalah iklan hanya dapat dilihat oleh mereka yang menggunakan Facebook. Meskipun menjadi media sosial terbesar di dunia untuk saat ini, tentunya tidak semua orang memiliki akun Facebook.

Google Adwords

Kelebihan dari Google Adwords adalah:

  • Sebagai mesin pencari terbesar saat ini, tentunya Google memiliki pangsa pasar yang sangat besar.
  • Kita dapat mengatur peletakan iklan yang mudah dilihat oleh orang lain
  • Kita dapat memilih kategori iklan sehingga ketika orang mencari suatu kata kunci yang berhubungan dengan promosi kita, maka iklan itu akan muncul di sana.
  • Iklan akan sesuai dengan target. Dengan memanfaatkan kata kunci yang dicari, maka iklan akan sesuai dengan target yang kita incar.
  • Pengunjung tidak harus melakukan login ke Google untuk bisa melihat iklan itu. Sehingga akan menjangkau lebih banyak orang yang membuka mesin pencari ini

Baca juga: 4 Teknik Buat Iklan di Google Adwords yang Menjual

Kekurangan:

  • Jika iklan terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan itu akan di-banned secara permanen. Jadi perlu berhati-hati dalam memasang iklan di sana. Perhatikan juga TOS mereka agar tidak melanggar peraturan itu.
  • Dalam proses pembayaran iklan yang kita pasang, pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit saja. (UPDATE) Sekarang kita bisa bayar iklan Google Adwords dengan cara deposit via transfer ATM.

Melihat kekurangan dan kelebihannya, manakah yang paling efektif Facebook Ads vs Google Adwords? Itu kembali kepada calon pengiklan. Dari ulasan di atas, kita tentu dapat memilih layanan mana sepertinya yang paling pas dengan kebutuhan bisnis kita.

Baca juga: Strategi Dongkrak Penjualan dengan 3 Tools Email Marketing

Post a Comment