Patra Jasa Siap Mewarnai Social Media
Patra Jasa berkolaborasi bersama Digital Marketing School dalam melakukan Sertifikasi Social Media dan Sertifikasi BNSP di Jakarta, pada tanggal 12-15 November 2024. Diikuti oleh 20 orang dari Divisi Marketing & Multi Services Patra Jasa Se-Indonesia.
Tantangan yang Dihadapi
Di era modern yang serba digital hari ini, sangat penting bagi industri untuk mengoptimalkan terknologi termasuk Digital Marketing untuk mencapai tujuan bisnis dengan cara yang lebih efisien, efektif dan terukur.
PT Patra Jasa mengikuti program Sertifikasi Social Media bersama Digital Marketing School karena memiliki tantangan sebagai berikut:
- Pertumbuhan Instagram Stagnan
Pertumbuhan akun Instagram PT Patra Jasa mengalami stagnasi, tidak adanya peningkatan signifikan pada jumlah pengikut, tingkat engagement, atau interaksi audiens.
- Konten Kreatif Tidak Bisa Mendrive Penjualan
Meskipun konten yang dibuat terlihat menarik dan memiliki elemen kreatif, dampaknya terhadap konversi atau penjualan PT Patra Jasa sangat minim.
- Tidak Memiliki Standar Pembuatan Media Plan Sosial Media
Ketidakhadiran standar atau panduan yang jelas dalam menyusun media plan bagi tim PT Patra Jasa.
- Workflow Tim Konten Belum Berjalan dengan Baik
Alur kerja dalam tim konten PT Patra Jasa masih belum terstruktur dengan baik.
- Tidak Mengetahui Metrik yang Perlu Dikejar
Tidak adanya pemahaman yang mendalam tentang metrik yang relevan untuk diukur.
Peserta Acara
PT Patra Jasa merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) adalah perusahaan yang beroperasi di tiga sektor utama, yaitu Property & Development, Hotels & Resorts, dan Services.
Perusahaan ini mengelola beberapa proyek utama, termasuk 9 hotel dan 2 hotel dengan sistem operatorship di berbagai provinsi, 10 investasi dan pengembangan properti berupa apartemen dan perumahan, serta berbagai layanan multijasa yang menjadi keunggulan perusahaan.
Program Sertifikasi Social Media ini diikuti oleh 20 orang peserta dari Divisi Marketing & Multi Services Patra Jasa Se-Indonesia di semua sektor bisnis Patra Jasa.
Deskripsi Acara
Corporate Training Program Sertifikasi Social Media diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 12-15 November 2024.
Materi disampaikan oleh Mentor Digital Marketing School Mas Abi Sapta, M.M.Si. Beliau merupakan seorang Digital Strategist di TUW Digital yang bertanggung jawab dalam menangani strategi pertumbuhan bisnis klien, berskala nasional dan internasional.
Terdapat 7 materi yang disampaikan dalam In House Training Program Professional Social Media, yaitu:
1. Social Media Landscape
2. Creative Copywriting
3. Social Media Planning
4. TikTok Organic Strategy
5. KOL Management
6.Social Media Ads
7. Social Media Report
Hari Pertama
Materi hari pertama adalah Social Media Landscape dan Creative Copywriting. Social Media Landscape adalah istilah yang menggambarkan kondisi, tren, dan ekosistem platform media sosial di suatu waktu tertentu. Hal ini mencakup berbagai aspek seperti platform yang populer, perilaku pengguna, strategi pemasaran, serta inovasi teknologi yang memengaruhi cara orang berinteraksi secara digital.
Sedangkan Creative Copywriting adalah seni menulis teks atau konten dengan cara yang kreatif, menarik, dan persuasif untuk memengaruhi audiens mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar layanan, atau berinteraksi dengan merek. Tugas seorang creative copywriter tidak hanya membuat teks yang informatif tetapi juga yang memikat emosi, menggugah imajinasi, dan mendorong respons yang diinginkan.
Hari Kedua
Masuk hari kedua materi yang dibahas adalah KOL Management dan Social Media Ads. KOL Management adalah proses mengelola hubungan dan kolaborasi dengan Key Opinion Leaders (KOL) atau individu yang memiliki pengaruh besar di komunitas tertentu, baik di media sosial maupun dalam bidang profesional. KOL sering digunakan dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas, membangun kepercayaan merek, dan mendorong konversi melalui pengaruh mereka terhadap audiens.
Social Media Ads adalah bentuk iklan berbayar yang ditampilkan di platform media sosial untuk menjangkau audiens tertentu dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, atau meningkatkan penjualan. Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok menyediakan fitur iklan yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pemasaran berbagai jenis bisnis.
Hari Ketiga
Materi hari ketiga adalah Social Media Planning dan Tiktok Organic Strategy. Social Media Planning adalah proses perencanaan strategi media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran secara efektif. Tools yang kami gunakan saat sesi ini adalah notion untuk membuat content guideline dan Meta Business Suite untuk melakukan scheduling content.
TikTok Organic Strategy pendekatan pemasaran di TikTok tanpa menggunakan iklan berbayar, yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, engagement, dan pertumbuhan akun secara alami. Strategi ini memanfaatkan kekuatan konten kreatif, algoritma TikTok, serta tren untuk menjangkau audiens lebih luas.
Hari Keempat
Dihari keempat membahas materi Social Media Report dan dilakukanya Pra Assessment BNSP. Social Media Report adalah laporan yang merangkum data, metrik, dan analisis terkait performa aktivitas di platform media sosial. Laporan ini digunakan untuk mengevaluasi efektivitas strategi media sosial, memahami tren, serta memberikan wawasan untuk perbaikan dan pengambilan keputusan di masa depan.
Selanjutnya Pra-Assessment Social Media Specialist BNSP merupakan proses awal untuk menilai kesiapan kandidat sebelum mengikuti uji kompetensi untuk sertifikasi profesi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tujuannya adalah memastikan kandidat memahami standar kompetensi yang diujikan dan memiliki kemampuan yang relevan.
Sertfikasi BNSP Social Media Specialist
Sertifikasi Social Media Specialist BNSP adalah pengakuan resmi terhadap kompetensi seseorang dalam mengelola media sosial secara profesional sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa individu memiliki keterampilan yang relevan, sesuai dengan kebutuhan industri.
Dari 20 peserta In House Training, 17 orang yang mengikuti Sertifikasi Social Media Specialist BNSP. Sertifikasi dilakukan via Zoom Meeting pada tanggal 17 November dan semuanya dinyatakan KOMPETEN.
Dampak dan Manfaat bagi Peserta
Setelah mengikuti program Sertifikasi Social Media bersama Digital Marketing School, 20 Orang dari Divisi Marketing & Multi Services Patra Jasa yang tersebar di seluruh Indonesia sudah menjadi Social Media Specialist yang diakui secara resmi sesuai SKKNI dalam mengelola sosial media, mendapatkan skill yang kompeten, memperkuat kredibilitas untuk meningkatkan karir dan memberikan peluang yang lebih besar.
Testimoni Peserta
Claudia – Analyst Sales
โBanyak banget ilmu yang saya dapatkan, yang paling amazing toolsnya sangat canggih dan sangat terupdate untuk diaplikasikan dalam melakukan analisis sales.โ
Dian – Assistant Manager Marketing and Sales
โMaterinya sangan baik dan mentornya sangat baik. Yang paling berkesan hubungan antara materi konten dengan target yang kita harapkan.โ
Tasya – Analyst Digital Marketing
โJadi mengetahui secara luas bagaimana membuat konten yang bisa meng-engage banyak orang. Belajar banyak hal baru yang kasih manfaat banyak banget untuk pekerjaan dan keahlian saya.โ
Bawa Tim Anda ke Level Berikutnya dengan Corporate Training dari Digital Marketing School. Mulai dari strategi digital marketing, pengelolaan iklan, hingga analisis data, kami akan memberikan tools dan pengetahuan praktis untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda. Segera ikuti Program Corporate Training bersama Digital Marketing School! Respon cepat hubungi Dapatkan juga informasi menarik lainya di Instagram Digital Marketing School
Segera ikuti Program Corporate Training bersama Digital Marketing School! Respon cepat hubungi 0812-2051-6068. Dapatkan juga informasi menarik lainya di Instagram Digital Marketing School.