Sistem Penayangan Lelang Iklan di Facebook

Saat menampilkan iklan, Facebook mencoba menyeimbangkan dua hal:

* Penciptaan nilai untuk pengiklan dengan membantu mereka menjangkau dan perolehan hasil dari orang-orang dalam target audience mereka.

* Menyediakan pengalaman positif dan relevan untuk orang-orang menggunakan jajaran aplikasi dan layanan Facebook.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan lelang yang mewakili kedua minat. Dengan cara itu, pengiklan menjangkau orang yang tertarik pada iklan Anda dan pengguna melihat hal yang disukai. Tujuannya adalah untuk mencocokkan iklan yang tepat dengan orang yang tepat pada saat yang tepat. Ini berbeda dengan lelang tradisional karena pemenangnya bukanlah iklan dengan penawaran uang tertinggi, melainkan iklan yang menciptakan keseluruhan nilai terbaik.

Baca juga: Facebook & Instagram Ads Mastery

Lelang terjadi setiap kali seseorang layak melihat iklan. “Peserta” lelang adalah iklan yang ditargetkan kepada pemirsa berisi orang yang layak. Miliaran lelang berlangsung setiap hari.

Faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam sebuah lelang?

Iklan yang menang dalam lelang dan ditampilkan merupakan nilai iklan dengan total tertinggi. Nilai total bukanlah berapa banyak pengiklan mau membayar Facebook untuk menampilkan iklan Anda. Nilai total merupakan perpaduan dari 3 faktor utama:

Tawaran

Anda menginformasikan tujuan biaya Anda melalui strategi penawaran dan Facebook menawarkan bantuan agar tujuan Anda terpenuhi. Hal ini bisa jadi meliputi batas tawaran (untuk strategi penawaran biaya terendah) atau target biaya (untuk strategi penawaran biaya target) untuk mengarahkan penawarn.

Baca juga: Fitur-fitur Terbaru di Facebook Ads

Estimasi Nilai Tindakan

Setiap set iklan dioptimalkan untuk sebuah tindakan (“peristiwa pengoptimalan”). Estimasi nilai tindakan mewakili seberapa besar kemungkinan seseorang mengambil tindakan menurut perkiraan kami (?). Ini membantu membedakan antara iklan yang umumnya bersifat relevan terhadap minat seseorang dan iklan yang membuat orang mau mengambil tindakan sesuai tujuan pengoptimalan Anda. Estimasi Facebook dibuat berdasarkan tindakan sebelumnya yang dilakukan oleh seseorang yang Anda coba jangkau dan data riwayat kinerja iklan Anda.

Kualitas dan Relevansi Iklan

Kami (?) mewakili minat seseorang dalam melihat iklan Anda berdasarkan kualitasnya secara keseluruhan dan relevansi khususnya. Misalnya, jika Anda mendapat banyak masukan negative, maka hal itu dapat menutunkah total nilainya. Jika orang itu memiliki riwayat dalam menunjukkan minat pada iklan Anda, maka hal itu dapat meningkatkan total nilainya.

Baca juga: 5 Strategi dalam Digital Marketing Campaign

Untuk memahami bagaimana pengguna bereaksi terhadap iklan Anda, periksalah skor relevansinya. Namun, ingat hal berikut ketika melihat metric ini:

  • Skor relevansi adalah angka yang kami tunjukkan kepada Anda. Skor relevansi bukan angka yang benar-benar menentukan cara sistem penayangan Facebook menangani iklan Anda. Karena itulah, pernaikan skor relevansi iklan tidak selayaknya menjadi tujuan akhir Anda karena tidak akan secara langsung membuahkan peningkatan kinerja iklan. Artinya, perbaikan penargetan atau materi iklan (tindakan yang dapat meningkatkan kinerja iklan) dapat membuahkan skor relevansi yang lebih baik.
  • Skor relevansi adalah metric yang relative. Artinya bahwa skor relevansi hanya mengukur seberapa relevan iklan Anda dibandingkan dengan iklan lain yang menargetkan pemirsa yang sama.

Saat lelang terjadi, kami menstandarkan faktor akun di atas untuk berbagai peristiwa pengoptimalan, lalu satukan semuanya ke dalam total nilai. Iklan dengan total nilai tertinggi akan muncul sebagai pemenang dan ditampilkan.

Baca juga: 5 Keuntungan Beriklan Menggunakan Facebook Ads

Hal ini berarti iklan yang memiliki kualitas tinggi dan sangat relevan dapat mengalahkan iklan yang memiliki penawaran lebih tinggi, tetapi kualitasnya lebih rendah dan tidak begitu relevan. Akan tetapi, untuk memaksimalkan hasil iklan Facebook, Anda harus berupaya untuk memaksimalkan semua faktor, dengan mengajukan tawaran yang kompetitif, buat iklan yang memikat, dan targetkan iklan kepada pemirsa yang tepat. Dengan melakukannya, ini akan memungkinkan Facebook untuk menampilkan iklan lebih banyak, sehingga Facebook dapat mempelajari selengkapnya tentang iklan dan pemirsa Anda, yang akan menghasilkan penayangan iklan yang lebih efisien dan efektif.

Total nilai menentukan siapa yang memenangkan lelang, tetapi bukan saat atau seberapa banyak pemenang ditagih.

Anda ditagih pada saat hasil yang Anda pilih untuk ditagih muncul saat proses pembuatan set iklan.

Baca juga: 4 Komponen Iklan Facebook yang Perlu Diketahui

Jumlah tagihan Anda adalah jumlah minimal yang kami butuhkan untuk mengatur tawaran Anda agar dapat memenangkan lelang. Ini dapat berarti dua hal:

  • Anda akan lebih sering ditagih kurang dari penawaran Anda.

Menetapkan batas tawaran yang terlalu ketat tidak akan memberi Anda keutungan. Faktanya, melakukan hal tersebut akan membuat Anda kalah dalam lelang yang harusnya Anda menangkan tanpa biaya tambahan.

Post a Comment