Tamu Villa Kayu Manis Melimpah setelah Iklan Pakai Meta Ads
Villa Kayu Manis berkolaborasi bersama Digital Marketing School dalam melaksanakan Workshop Perfomance Marketing Meta Ads di Bali, pada tanggal 20-21 Agustus 2024. Diikuti oleh 10 peserta Tim Marketing Villa Kayu Manis Bali.
Tantangan yang Dihadapi
Dalam industri pariwisata yang semakin kompetitif, perusahaan villa menghadapi berbagai tantangan termasuk Kayu Manis. Berikut tantanganya :
1. Persaingan Pasar Pariwisata yang Ketat
Banyaknya villa yang menawarkan fasilitas serupa di lokasi wisata populer membuat persaingan semakin tinggi.
2. Targeting Audiens yang Tepat
Kesulitan untuk menjangkau audiens yang relevan, seperti wisatawan mancanegara, pasangan, atau keluarga yang mencari akomodasi mewah.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Tantangan dalam memperkenalkan villa kepada pasar yang lebih luas, terutama jika lokasi baru atau kurang dikenal.
4. Lead Generation Berkualitas
Sulit mendapatkan pemesanan langsung dari tamu yang serius melalui platform digital.
5. Fluktuasi Musiman
Penurunan tingkat okupansi selama low season membutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik lebih banyak tamu.
6. Peningkatan Engagement di Media Sosial
Tantangan untuk menarik interaksi audiens seperti komentar, likes, dan klik melalui iklan di Meta Ads.
7. Kurangnya Pemahaman Data dan Analitik
Tidak mengetahui performa kampanye secara detail, sehingga sulit membuat keputusan berbasis data.
8. Konten yang Kurang Menarik
Tantangan dalam menghasilkan konten visual seperti foto atau video yang mampu memikat calon tamu.
Peserta Acara
Kayumanis adalah vila peristirahatan yang intim dan mewah yang terletak di beberapa lokasi terbaik di pulau mistis Bali dan di Tiongkok.
Workshop Perfomance Marketing Meta Ads ini diikuti oleh 10 orang Tim Marketing dengan berbagai jabatan. Diantaranya General Manager, Sales, Event Coordinator dan Perfomance Marketer dari Vila Kayu Manis Jimbaran, Ubud dan Nusa dua.
Deskripsi Acara
Workshop Perfomance Marketing Meta Ads ini diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 20 – 21 Agustus 2024.
Materi Perfomance Marketing Meta Ads disampaikan oleh Mas Abi Sapta, MMSI. Beliau merupakan seorang Digital Strategist di TUW Digital yang bertanggung jawab dalam menangani strategi pertumbuhan bisnis klien, berskala nasional dan internasional.
Terdapat 6 materi yang disampaikan dalam Workshop Perfomance Marketing Meta Ads, yaitu:
1. Introduction
2. Set-up Akun
3. Creative Campaign with AI
4. Meta Ads Audience
5. Meta Ads Campaign
6. Optimasi Campaign
Hari Pertama
Pada hari pertama materi Perfomance Marketing Meta Ads yang disampaikan yaitu:
1. Introduction
Pendahuluan tentang pentingnya pemasaran digital di era modern, terutama melalui Meta Ads.
2. Set-up Akun
Langkah awal mempersiapkan akun Meta Ads, meliputi pembuatan akun Business Manager, integrasi piksel, pengaturan pembayaran, dan pengelolaan akses tim untuk menjalankan kampanye secara profesional.
3. Creative Campaign with AI
Pemanfaatan teknologi AI untuk membuat konten iklan yang lebih menarik dan relevan.
Hari Kedua
Dilanjutkan di hari kedua materi Perfomance Marketing Meta Ads yang disampaikan yaitu:
1. Meta Ads Audience
Proses segmentasi audiens berdasarkan data demografi, lokasi, minat, dan perilaku, serta penggunaan fitur seperti Custom Audience dan Lookalike Audience untuk menargetkan calon pelanggan dengan lebih tepat.
2. Meta Ads Campaign
Strategi merancang kampanye mulai dari penentuan tujuan, seperti awareness atau conversion, pemilihan format iklan (gambar, video, carousel), hingga pengaturan anggaran untuk mencapai hasil yang optimal.
3. Optimasi Campaign
Proses berkelanjutan untuk meningkatkan performa iklan, termasuk analisis data, penyesuaian target audiens, pengujian elemen kreatif, dan alokasi anggaran yang lebih efisien untuk meningkatkan ROI.
Dampak dan Manfaat bagi Peserta
1. Strategi Pemasaran Digital yang Efektif
Peserta memahami cara memanfaatkan Meta Ads untuk menjangkau wisatawan potensial secara lebih luas dan terarah, meningkatkan visibilitas Villa Kayumanis di pasar.
2. Penargetan Audiens yang Tepat
Mampu membuat segmentasi audiens spesifik, seperti wisatawan mancanegara, pasangan, atau keluarga yang mencari akomodasi mewah, sehingga iklan lebih relevan dan efektif.
3. Peningkatan Lead dan Okupansi
Peserta Workshop Perfomance Marketing Meta Ads belajar strategi untuk menghasilkan lead berkualitas dan meningkatkan tingkat pemesanan, terutama selama low season, melalui kampanye yang terstruktur.
4. Pengelolaan Anggaran yang Efisien
Dengan memahami cara mengoptimalkan alokasi anggaran iklan, peserta dapat meningkatkan ROI dan memaksimalkan hasil dengan biaya yang terkendali.
5. Pembuatan Konten dan Analitik Kampanye
Peserta mampu membuat iklan kreatif yang menarik serta membaca data performa untuk mengukur keberhasilan kampanye dan mengambil keputusan berbasis data.
Bawa Tim Anda ke Level Berikutnya dengan Corporate Training dari Digital Marketing School. Mulai dari strategi digital marketing, pengelolaan iklan, hingga analisis data, kami akan memberikan tools dan pengetahuan praktis untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.
Segera ikuti Program Corporate Training bersama Digital Marketing School! Respon cepat hubungi 0812-2051-6068. Dapatkan juga informasi menarik lainya di Instagram Digital Marketing School.