Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan dengan Trik Seasonal Marketing

Seasonal Marketing, mungkin untuk beberapa orang istilah yang satu ini belum cukup familiar di telinga. Jika Anda menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia, pasti Anda mengira ini merupakan pemasaran musiman. Tapi sebenarnya bukan kok, bukan bisnis musiman.

Lalu, seperti apa Seasona Marketing itu? Dan bagaimana cara menjalankannya khususnya di Bulan Ramadhan ini? Mari kita bahas bersama-sama disini ya.

Definisi Seasonal Marketing

Memang benar, pengertian Seasonal Marketing adalah pemasaran musiman. Namun definisi lebih jelasnya yakni pemasaran yang hanya dilakukan pada musim atau hari-hari tertentu saja, contohnya musim liburan, bulan puasa, hari raya, hari besar keagamaan dan lain sebagainya.

Jadi sifat dari Seasona Marketing ini temporal atau sementara saja. Setelah suatu musim selesai atau hari-hari besar tertentu berakhir, maka pemasarannya pun ikut berhenti.

Bukan Bisnis Musiman

Meskipun sama-sama memiliki batasan waktu, produk yang ditawarkan saat Seasonal Marketing masih bisa tetap eksis meskipun masa pemasarannya sudah berakhir.

Contohnya nih, masih inget dong sama kue cubit green tea yang sempet hits pada jamannya? Kamu bahkan bisa menemukannya hampir di pinggir jalan di setiap kota karena saking terkenalnya. 

Tapi sekarang? Ketika golden hour atau masa kejayaan kue cubit green tea ini berakhir, apakah kue cubit green tea jadi musnah begitu saja? Tidak, buktinya masih banyak kedai ataupun penjual pinggiran jalan yang setia menjual kue cubit green tea meskipun antusiasnya sudah tidak sebesar dulu.

Ada juga contoh lainnya, seperti salah satu brand makanan cepat saji terkenal, Burger King. Pada saat bulan Ramadhan, Burger King menawarkan 2 paket bernama BK Bukber dan BK Sahur dengan paket bundling lengkap dengan nasi, ayam, minum dan sup.

Itulah yang menjadi strategi pemasaran Burger King untuk mendongkrak penjualan mereka di Bulan Ramadhan lebih besar lagi dengan paket bundling dan promo menarik.

Tips Meningkatkan Penjualan dengan Seasonal Marketing

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak penjualan bisnis kamu dengan trik Seasonal Marketing, seperti membuat promo diskon, promo bundling, merilis produk baru special musim yang sedang diusung, membuat promo buy more save more dan sebagainya.

Mau belajar banyak tentang strategi-strategi berbisnis khususnya di era digital seperti saat ini? Kamu bisa kunjungi digitalmarketingschool.id karena disana banyak ragam kelas training yang bisa membantu menumbuhkembangkan bisnis mu.

Yuk segera kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut. Follow juga Instagram kami untuk dapatkan info dan berita ter-update seputar Bisnis dan Digital Marketing.

[super_form id=”14361″]

Post a Comment