brand awareness

Tips Meningkatkan Brand Awareness Bisnis untuk Kamu yang Baru Mulai Usaha

Pernah dengar kata Google, Pampers, Odol, Aqua tetapi yang mereka maksud adalah benda dengan merek lain? Menyebutkan merek dari pada nama benda yang dituju menjadi tanda bahwa sebuah brand tersebut memiliki brand awareness yang baik. Brand Awareness merupakan sesuatu yang familiar yang diingat oleh pelanggan atas produk atau jasa yang kita miliki. Mulai dari nama brand, logo, tagline, slogan, dan hal lainnya yang berhubungan dengan bisnis kita. Brand Awareness ini adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh pebisnis menyangkut dengan brand-nya. Tetapi hal tersebut tentu tidak mudah dibangun karena bisa dibilang brand awareness ini merupakan salah satu aset penting dalam suatu bisnis. Jika Anda sudah memahami pengertian dari brand awareness alangkah baiknya Anda juga memahami cara membangunnya, apalagi Anda merupakan pemilik bisnis yang baru saja merintis karir sebagai pebisnis. Yuk simak tips meningkatkan brand awareness bisnis untuk kamu yang baru muali usaha khususnya di media sosial.

Tingkatkan kualitas konten marketing

Jika selama ini Anda membuat konten lalu hanya dilirik sekilas oleh audiens alias engagement tidak meningkat, hal tersebut menunjukkan bahwa konten yang Anda buat kurang maksimal.

Untuk memaksimalkan alur kerja brand awareness, Anda bisa membuat konten marketing yang positif serta informatif dan melibatkan audiens Anda.

Perbanyak Video Marketing

Pada kenyataannya, masyarakat lebih gemar menonton sesuatu ketimbang membaca. Video Facebook Live dikabarkan mendapatkan sebanyak 8 milyar view perhari dan YouTube sebanyak 5 milyar view perhari. Video marketing merupakan salah satu cara yang efektif untuk Anda yang ingin mencapai audiens lebih luas. Tetapi dalam membuat video marketing ini, pastikan Anda memberikan hal yang singkat, tepat, dan bermanfaat. Mengapa demikian? Karena menurut penelitian 20% penonton biasanya akan menutup video dalam waktu 10 detik saja.

Manfaatkan Keberadaan Influencer

Saat ini banyak sekali kita melihat influencer baik itu di Instagram, YouTube, dan platform lainnya. Jika Anda membayar influencer untuk mempromosikan produk Anda, maka para followers dan fans dari influencer baik artis, blogger, selebgram tersebut akan ikut menggunakan produk Anda. Dan produk Anda lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Dengan berkembangnya media sosial saat ini, tak menutup kemungkinan brand Anda akan dikenal banyak orang melalui endorsement ini. Google mencatat 82% subscriber milenial lebih percaya pada selebgram maupun micro influencer daripada rekomendasi brand ambassador di iklan-iklan besar. Tetapi dalam memilih influencer yang tepat, ada beberapa indikator yang harus Anda perhatikan mulai dari engagement media sosial influencer tersebut, followers-nya, dan lain-lain.

Adakan Giveaway

Sebagai tanda terima kasih kepada para audiens yang setia bersama brand Anda, tak ada salahnya sesekali membuat giveaway untukĀ  mereka. Pada giveaway ini Anda harus memperhatikan kualitas produk yang akan Anda berikan. Dengan kualitas yang baik akan menambah kepercayaan audiens terhadap brand Anda. Membagikan hadiah giveaway dengan kualitas produk yang rendah akan mempengaruhi image brand Anda.

Itu dia beberapa tips untuk Anda yang ingin meningkatkan brand awareness, memang hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan, tetapi anggap saja seperti berinvestasi untuk keuntungan dimasa yang akan datang.

Workshop Social Media Management di Digital Marketing School merupakan workshop yang dapat memberikan Anda ilmu salah satunya strategi konten yang bisa Anda lakukan dalam membangun brand awareness. Daftarkan diri Anda sekarang!

Post a Comment