Digital Marketing School Bandung

Tangan sedang menulis kata Endorsement: Trik Memilih Endorser yang Tepat

Trik Memilih Endorser: Jualan Makin Eksis dengan Endorsement

Saat ini endorsement sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan akun Instagram bisnis baik dari segi follower atau penjualan. Endorsement harus konsisten dilakukan agar hasilnya terasa. Sebagai pebisnis yang memakai platform Instagram tentunya kita harus jeli dalam memilih endorser. Kegiatan endorsement bisa zong jika kita salah memilih endorser untuk melakukan endorsement produk yang kita jual. Lalu bagaimana cara memilih endorser yang tepat untuk meng-endorse produk kita? Perhatikan trik memilih endorser berikut agar jualan Anda makin eksis dengan endorsement!

Riset Calon Endorser

Sudahkah Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk calon endorser Anda? Pertimbangkan calon endorser anda dengan melihat aspek kriteria mereka, seperti:

  1. Siapa saja follower mereka?
  2. Berapa range usia follower mereka?
  3. Jenis kelaminnya apa?
  4. Rata-rata berada di daerah mana? Dan,
  5. Apa ketertarikan dan hobi follower mereka?

Jika aspek kriteria calon endorser sesuai dengan segmentasi produk yang kita jual, maka Anda bisa memilih calon endorser tersebut untuk meng-endorse produk yang Anda jual.

Namun sebelum itu, untuk membantu Anda dalam menentukan endorser atau memilih endorser yang tepat dalam proses endorsement, Anda perlu melakukan hal-hal lain seperti menentukan tujuan dari endorsement yang akan Anda lakukan.

Tentukan Goal atau Tujuan Endorsement

Sebelum melakukan endorsement, tentukan apa tujuan Anda mengendorse selebgram tersebut. Apakah itu untuk kenaikan follower atau hanya sekedar menambah likes. Pasti Anda mengharapkan orang-orang menghubungi Anda setelah endorsement dilakukan bukan? Berharap akan penjualan meningkat serta produk yang Anda jual bisa terkenal dan eksis. Anda perlu mempertimbangkan point ini untuk menemukan feel yang pas dalam meng-endorse dan memilih endorser yang tepat untuk produk Anda agar makin eksis jualan di Instagram.

Siapa Target Market Anda?

Cobalah untuk membuat gambaran target market yang Anda incar. Pilih endorser yang pengikutnya sesuai dengan target market produk Anda mulai dari range usia, jenis kelamin, interest, dan lokasi mereka. Jika lokasi yang Anda bidik adalah lokal makan pilihlah endorser lokal atau influenser lokal atau selebgram lokal. Jika jika Anda membidik target nasional, maka Anda tidak perlu mempertimbangkan faktor lokasi.

Endorsement Mainstream dan Endorsement Anti-mainstream

Apa kabar dengan produk Anda? Anda harus menyadari bagaimana kondisi produk Anda, apakah produk mainstream atau sebaliknya, yaitu produk anti-mainstream. Karena kita harus memilih endorser yang berbeda untuk dua hal ini, seperti:

  1. Endorser untuk produk mainstream

Jika produk Anda relatif umum atau produk mainstream, maka cobalah untuk mencari endorser dengan follower atau likers minimal 10K. Atau Anda bisa membuat standar follower selebgram Anda sendiri. Saya merekomendasikan untuk memilih endorser dengan follower minimal 100K, karena produk mainstream ini cenderung mudah dipromosikan, banyak dicari dan lebih mudah dijual. Maka dari itu, untuk promosi produk mainstream ini harus banyak dilihat.

  1. Endorser untuk produk anti-mainstream

Untuk produk anti-mainstream, pilih endorser yang tidak pumya banyak pengikut, namun pastikan pengikut endorser yang kita pilih untuk produk anti-mainstream adalah orang-orang yang mempunyai kesukaan yang sama dengan si endorser. Jadi, endorsement cenderung lebih spesifik dan tertarget.

Pertimbangkan Kredibilitas Endorser

Hindari image selebgram yang buruk atau sedang dirundung kontroversi. Pilihlah endorser yang kredibilitas-nya baik, karena kredibilitas endorser yang baik dapat mempengaruhi kredibilitas produk atau image produk yang Anda jual.

Pilih Endorser dengan Instagram Bisnis

Jika selebgram yang Anda pilih untuk melakukan endorsement menggunakan akun Instagram bisnis, Anda bisa meminta mereka untuk menunjukkan engagement konten endorsement produk Anda. Dengan demikian Anda bisa menetahui aktivitas endorsement yang Anda lakukan dengan jasa endorser yang Anda pilih.

Seperti itu trik memilih endorser yang tepat agar jualan makin eksis dengan endorsement di Instagram. Jika Anda masih tetap mengalami kesulitan dalam memilih endorser yang tepat untuk mengendorse produk Anda, tidak perlu khawatir kami punya solusinya.

Workshop Social Media Management

Maksimalkan manajemen sosial media Anda dengan mengikuti Workshop Social Media Management dari Digital Marketing School. Training satu hari full time ini bertujuan supaya Anda mampu berjualan lewat sosial media, mengoptimasi akun olshop di media sosial dan bagi Anda yang ingin meningkatkan engagement media sosial Anda.

Selain itu, Anda akan mengusai sosial media manajemen yang baik, meriset kompetitor, menganalisa eksternal dan internal sebagai bahan pembuatan konten, memilih jenis post, rencana kerja bulanan, serta evaluasi hasil. Ingin menjadi sosial media manajer yang hebat? Ikuti kelasnya!

Hubungi kontak di bawah ini.

Phone : +62 814-6125-4844 (April)

e-mail : [email protected]

Address : Setra Duta Cemara IIID K6-33, Pasirkaliki, Bandung.

Post a Comment