6 Kunci Strategi Pemasaran Digital Untuk Tunjang Kesuksesan Bisnis Tahun 2019

Pahami Kunci Strategi Pemasaran Digital 2019

Mungkin Anda yang membaca ini adalah satu dari segelintir pebisnis yang belum paham bagaimana membentuk strategi pemasaran digital untuk perusahaan. Tenang, Anda datang di tempat yang sangat tepat.

Tahun 2019 nanti menjadi tahun dimana perkembangan teknologi akan semakin tumbuh pesat dan menjadi pokok dari segala aktivitas manusia. Tak terkecuali dunia bisnis.

Untuk Anda para pebisnis, mulai sekarang Anda harus memikirkan tentang masa depan perusahaan Anda. Dengan apa? Dengan beralih menuju pemasaran digital agar Anda semakin dapat bersaing mengikuti arus perkembangan zaman.

Sebelum Anda menjalankan bisnis yang berlandaskan pada pemasaran digital, Anda perlu tahu dan paham mengenai kunci utama dalam strategi pemasaran digital terlebih dahulu.

1. Buat Kerangka Kerja yang Realistis

Kunci strategi pemasaran digital yang pertama adalah petakan terlebih dahulu rencana perusahaan Anda. Kini sudah tersedia aplikasi seperti kalender editorial, timeline, maupun peta konsep yang dapat membantu Anda memetakannya. Petakan berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) yang terkait dengan strategi dan sasaran perusahaan.

2. Identifikasi KPI Sesuai Dengan Strategi Awal

Kunci yang kedua adalah mengidentifikasi KPI yang sesuai strategi awal. Ini dilakukan agar sasaran perusahaan dapat menghasilkan sebuah output yang diinginkan. Gunanya KPI adalah agar Anda dan tim dapat bekerja dengan berlandaskan pada target. Anda serta tim juga akan dapat memahami kinerja mana yang benar-benar berdampak tinggi pada bisnis dan mana yang membutuhkan perbaikan (improvement).

3. Ketahui Cara Membangun Saluran yang Efektif

Dalam membangun saluran (funnel), yang perlu Anda pahami adalah jangkauan, engagement dan brand awareness nya. Ketiganya merupakan kunci utama agar strategi pemasaran digital dapat berjalan untuk menggiring lalu lintas yang signifikan dan berulang-ulang dalam jangka panjang.

4. Membuat Konten yang Efektif

Buatlah konten strategi pemasaran digital yang efektif. Pertama-tama, buatlah konten iklan dengan bercerita tentang produk Anda, kemudian tawarkan mereka dengan bahasa yang tak terkesan memaksa, lalu sertakan Call To Action (CTA) untuk mengarahkan calon kepada pembelian.

5. Buat Konten Skala Jangka Panjang

Konten ini hanya perlu Anda buat sekali namun akan sangat berharga untuk berbagai tujuan bahkan saluran (funnel) strategi pemasaran digital Anda di kemudian hari. Biasanya isi konten ini berupa pesan inti dari produk yang Anda tawarkan. Anda bisa mengembangkannya ke dalam konten berbentuk artikel, e-book pdf, e-book slideshow ataupun e-course.

6. Visualisasikan Arah yang Jelas

Inti dari keseluruhan kunci strategi pemasaran digital adalah kunci terakhir ini. Buatlah rencana perusahaan yang sesuai target namun fleksibel. Selalu berikan arahan dan pemahaman pada tim tentang bagaimana Anda dan mereka harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Keenam kunci strategi pemasaran digital tersebut jika diaplikasikan tentu akan membawa dampak baik bagi pertumbuhan perusahaan khususnya di tahun 2019 mendatang.

Karena Anda sudah mampu membuat strategi dan sistem kerja yang baik, sehingga pada masa yang akan datang, Anda tak perlu kebingungan lagi mengatur segalanya.

Namun jika Anda masih kebingungan, Anda bisa coba kunjungi website training kami seputar Digital Marketing Strategist dalam link ini.

Selamat tahun baru, dan selamat menumbuhkan bisnis Anda di era digital 2019!

Baca Juga: Bersiap, 5 Strategi Marketing di Instagram Ini Siap Mendominasi di Tahun 2019

Post a Comment