Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah COVID-19

Virus corona atau Covid-19 yang berasal dari Wuhan, China, ini masuk ke Indonesia dan sudah menyebar di beberapa kota besar. Dampak dari penyebaran virus ini adalah adanya anjuran untuk beraktivitas di rumah saja mengingat penyebarannya sangat mudah dan cepat. Dalam bisnis sendiri mulai terasa penurunan penjualan yang berdampak pada kecilnya omzet karena pelanggan sudah mulai beraktivitas di rumah. Mempertahankan bisnis pada saat kondisi seperti ini memang tidak mudah. Banyak yang khawatir bagaimana pebisnis bisa menjual produk di minggu yang akan datang sementara isu corona semakin merebak. Tetapi, kelanjutan berbisnis harus tetap dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagaimana cara mempertahankan bisnis di tengah Wabah COVID-19 ini? Ada baiknya Anda simak penjelasan berikut ini.

Optimalkan Kampanye Digital

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda membuat kampanye digital yang tepat untuk memperkuat nilai brand Anda seklaligus mempertahankan bisnis. Disaat orang tidak bisa berbelanja di luar, permudah mereka berbelanja dengan menemukan produk Anda melalui kampanye digital.  Mengapa kampanye digital? Karena diharuskan untuk dirumah saja, waktu untuk melihat smartphone pasti jadi lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya.

Taktik Penjualan yang Unik

Jika Anda mengandalkan kampanye digital saja belum tentu hal tersebut akan bekerja dengan maksimal. Buatlah taktik penjualan yang unik dan kreatif. Jangan selalu mengandalkan hard selling tetapi soft selling yang mana biasanya membuat orang lebih tertarik terhadap suatu produk. Misalnya Anda bisa membuat testimoni berbentuk cerita yang mana dalam cerita tersebut produk Anda yang menjadi solusi tepat untuk suatu masalah yang sedang dihadapi.

Jaga Loyalitas Customer

Penting untuk Anda menjaga loyalitas pelanggan dan menjaga nama baik bisnis pada masa sekarang ini. Jika Anda sudah mendapatkan customer yang loyal maka mudah bagi Anda untuk mendapatkan customer yang lain karena secara tidak sadar mereka akan merekomendasikan produk Anda yang berkualitas bagus kepada orang disekitarnya. Pada kasus pandemi corona ini banyak orang yang awalnya tidak berjualan jadi berjualan. Pastikan Anda selalu unggul dari mereka. Jangan lupa untuk treat mereka sebaik mungkin.

Call to Action yang Jelas

Saat ini banyak orang yang membutuhkan barang dengan cepat. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan call to action yang jelas agar calon customer dapat dengan cepat dan mudah untuk menghubungi Anda. Penjualan sekecil apapun bagi Anda, hal tersebut adalah emas untuk keberlangsungan hidup saat ini.

Don’t be Panic!

Sebisa mungkin hindari kepanikan atas virus corona ini dan berhenti berasumsi bahwa bisnis akan bangkrut karena penurunan omzet secara drastis. Anda tetap harus menjual produk dan mencari calon customer dan lakukan berbagai cara agar dapat menarik perhatian mereka untuk tetap membeli produk Anda. Hal seperti ini pasti akan berlalu, untuk mempertahankan bisnis, Anda hanya perlu beradaptasi dan tetap BERBISNIS.

Memang tidak mudah untuk mempertahankan bisnis dimasa sekarang, tetapi Anda harus tetap mencoba dan terus belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kampanye digital. Mengapa begitu? Karena saat ini, hanya kampanye secara digital yang dapat dipastikan akan terus berjalan. Disaat wabah seperti ini akan sulit untuk mereka mengunjungi toko offline Anda. Digital Marketing adalah jawaban dari semuanya. Anda bisa belajar Live Online Learning (#BelajarDariRumah) bersama Digital Marketing School.

Untuk informasi workshop yang dilakukan secara Live Online Learning, Anda bisa kontak kami melalui:
Telepon : +62 814-6125-4844 (Aprilia)
E-mail : info@tuw.co.id

 

Post a Comment