Strategi Digital Marketing yang Ampuh di Tahun 2020

Di era 4.0 banyak sekali macam-macam digital marketing yang bisa Anda pakai untuk memasarkan produk Anda. Tetapi diantara banyaknya macam digital marketing saat ini tentu membuat Anda merasa kesulitan memilih yang benar-benar efektif di tahun 2020 karena strategi digital marketing yang efektif akan membantu Anda untuk menarik pelanggan dengan cara yang mudah dan membuat bisnis sukses secara online. Lalu strategi digital marketing apa saja yang efektif di tahun 2020? Berikut beberapa jenisnya.

 

Social Media Marketing

Sebagian besar dari Anda yang membaca artikel ini pasti mengetahui bahwa social media memang salah satu strategi digital marketing yang terbaik dan efektif sampai sekarang. Banyak customer setiap harinya berkomunikasi dengan penjual melalui social media, misalnya Instagram, WhatsApp,Facebook, dll. Jika Anda tidak menerapkan social media marketing maka Anda akan kehilangan peluang besar untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

Ada beberapa contoh Social Media Marketing yaitu:

Instagram Marketing

Potensi Instagram untuk berpromosi memang tidak dapat diragukan lagi. Ubah Instagram personal menjadi Instagram bisnis lalu lakukan optimasi profil bisnis. Jangan lupa menggunakan tools untuk mendukung perkembangan bisnis. 

Facebook Marketing

Data dari SproutSocial menunjukkan bahwa hampir 80% tujuan Facebook Marketing adalah memberikan awareness terhadap brand. 65% untuk meningkatkan engagement, 54% meningkatkan traffic website, dan 30% untuk mendapatkan leads. Maka yang harus diperhatikan adalah konten promosi harus relevan untuk brand awareness.

Twitter Marketing

Twitter akhir-akhir ini mulai kembali digemari banyak kaum muda setelah beberapa tahun belakang tidak terlalu populer. Hal ini bisa kamu jadikan peluang sebagai sarana marketing yang baru. Langkah-langkah yang harus kamu lewati pun sama seperti social media marketing lainnya.

  • Melakukan penelitian mengenai buyer persona
  • Buat konten yang unik dan menarik
  • Atur jadwal tayang konten
  • Analisis hasil dari konten yang telah ditayangkan
Ads

Pemasangan iklan di media sosial adalah ide yang baik untuk mendukung bisnismu. Tapi Anda harus memastikan iklan tersebut dapat berjalan efektif, jangan sampai terkesan membuang-buang uang saja. 

Baca juga: Jangan Melakukan Iklan di Facebook Sebelum Tahu 3 Hal Ini

 

Email Marketing

Anda sering mendapatkan email dari suatu brand yang berisikan tentang brand tersebut? Itulah yang disebut email marketing. Email marketing adalah cara yang efektif bagi Anda yang ingin berkomunikasi dengan pelanggan secara personal. Seperti yang kita ketahui juga bahwa di era sekarang minim sekali orang yang tidak memiliki alamat email, yang mana itu menjadi peluang untuk Anda untuk memasarkan produk/jasa lebih personal melalui email marketing. Dalam sistem email marketing pelanggan terlebih dahulu mengisi alamat emailnya sendiri itu artinya mereka siap menerima email marketing dari Anda, Baik itu informasi diskon, informasi produk baru, atau hanya sekedar awareness saja.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipahami dalam Membuat Email Marketing 

 

Influencer Marketing

Cara alternatif lainnya adalah dengan menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk/jasa yang Anda sediakan. Faktanya, dari platform influencer marketing, MuseFind menunjukkan bahwa 92% audiens lebih mempercayai influencer daripada selebriti terkenal. Dengan adanya fakta menarik ini, kesempatan emas bagi Anda yang ingin menggunakan jasa influencer.

Sebelum akan menggunakan jasa influencer, alangkah baiknya perhatikan beberapa trik pada artikel ini https://www.digitalmarketingschool.id/trik-memilih-endorser-jualan-makin-eksis-dengan-endorsement/

 

Beberapa strategi digital marketing di atas bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda, terlebih sekarang sedang maraknya pandemi covid-19 semua pebisnis mengandalkan digital marketing sebagai sarana yang terbukti efektif dan sangat menguntungkan. Ingin unggul berbisnis dengan menggunakan Digital Marketing? Ikuti Online Course Digital Marketing School dengan kunjungi www.digitalmarketingschool.id atau klik WhatsApp DISINI

E-mail : info@tuw.co.id

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment