Digital Marketing School Bandung

Strategi Jualan di Instagram: Tips Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Bangun Hubungan Baik dengan Pelanggan Bisa Bikin Penjualan Meningkat

Di tahun 2019, kepuasan pelanggan menjadi prioritas yang paling diutamakan dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis khususnya bisnis online. Konsumen saat ini mendasarkan persepsi mereka terhadap suatu produk apakah bagus atau tidak ketika sang pembeli mampu menciptakan momen dan interaksi yang baik dengan mereka.

Saat ini, interaksi tidak hanya terjadi di halaman checkout Landing Page atau customer service, namun ruang sosial media juga hadir sebagai alternatif ruang komunikasi yang tak kalah penting dalam membangun hubungan pelanggan. Inilah yang menjadi strategi jualan di Instagram terbaru dimana media sosial khususnya Instagram di desain tak hanya sebagai ruang untuk mempromosikan produk, tapi juga bisa dijadikan tempat untuk membangun engagement dengan pelanggan.

Namun ternyata ada studi yang mengatakan bahwa masih banyak pebisnis yang tidak interaktif ketika berkomunikasi dan membalas pesan dari calon pelanggan mereka di sosial media. Hal ini menyebabkan pebisnis kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penjualan banyak.

Untuk itu, sebagai pebisnis Anda perlu tau bagaimana menjalankan strategi jualan di Instagram dengan tips membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Yuk baca sampai habis.

1. Dengarkan Lalu Bicara

Yang dimaksud dengarkan lalu bicara disini adalah sebelum memberikan mereka penjelasan mengenai produk Anda, alangkah baiknya jika Anda mendengarkan terlebih dahulu apa masalah mereka. Anda bisa membangun komunikasi dengan orang-orang yang terlihat memiliki masalah seputar tentang produk Anda yang diharapkan akan menjadi solusi calon pelanggan Anda.

Setelah Anda mengetahui apa masalah dan apa yang diinginkan mereka, kemudian keluarkan semua konten yang mampu menjawab seluruh permasalahan calon pelanggan Anda. Ketika Anda mampu memahami mereka, pelanggan pun akan menaruh rasa percaya yang tinggi pada Anda dan produk.

2. Berikan Respon yang Cepat

Strategi jualan di Instagram dengan membangun hubungan penjual dan pembeli yang kedua adalah merespon dengan cepat segala hal yang ditanyakan pelanggan. Sebuah studi dari The Social Habit menyatakan bahwa 32% pelanggan ingin direspon paling cepat 30 menit dari waktu mereka mengirim penjual sebuah pesan.

Akibat dari memberikan respon yang lama bukan hanya sekedar komplain, namun efek terburuknya adalah calon pelanggan bisa menyebarkan keburukan yang telah Anda lakukan ke sosial media. Hal ini akan membuat citra bisnis Anda terancam. Jadi, usahakan Anda merespon pelanggan Anda tak lebih dari 30 menit.

3. Personalisasikan Komunikasi dengan Pelanggan

Pelanggan ingin jika komunikasi yang ia lakukan bersama penjual terjadi dengan lembut dan baik sama seperti saat mereka berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat mereka. Untuk itu, Anda perlu mengubah gaya komunikasi Anda agar lebih terdengar santai dan personal.

Seperti contohnya ketika Anda membalas pesan yang dikirimkan pelanggan. Cara balasannya Anda bisa menyebut nama pelanggan dengan sapaan santai, kemudian berikan mereka tanggapan yang ramah seperti layaknya Anda bercengkrama dengan teman Anda. Dengan begitu, pelanggan akan merasa mereka menemukan online shop yang ber-attitude baik dan yakin pada kami, mereka akan masuk menjadi daftar pelanggan setia Anda.

4. Berikan Sedikit Hadiah Untuk Pelanggan

Ingatlah bahwa mereka memilih Anda dari berbagai bisnis dengan produk yang sama diluaran sana. Anda harus mengapresiasi mereka dengan memberikan pelanggan Anda sedikit hadiah sebagai bukti cinta Anda pada pelanggan.

Anda bisa memberikan hadiah berupa free barang ketika pelanggan Anda membeli sebuah produk dari Anda, atau mengadakan giveaway dengan hadiah voucher diskon. Lakukan hal ini minimal 3 bulan sekali, namun jika Anda mampu mengadakannya sebulan sekali itu jauh lebih baik.

Saat ini, strategi jualan di Instagram beragam macamnya namun satu hal yang harus Anda lakukan dan pertahankan adalah bagaimana membangun hubungan yang baik dengan pelanggan karena faktor ini cukup menentukan apakah omset Anda akan bertambah atau hanya segitu-segitu saja, bahkan menurun? Anda tidak mau bukan? Maka dari itu aplikasikan strategi jualan di Instagram ini dengan baik.

Digital Marketing School juga mengadakan kelas training mengenai strategi jualan di Instagram yang tepat dan sukses lho. Bagi Anda yang berminat, kunjungi website kami dengan klik disini untuk cari tahu info detailnya. Selamat membaca!

Baca Juga: Tips Online Shop Sukses dengan Bidik Target Pasar Tepat Sasaran

Post a Comment