Wajib Tahu, Kesalahan Strategi Sosial Media Marketing Yang Paling Sering Dilakukan

Kesalahan Strategi Sosial Media Marketing yang Sering Dilakukan Pebisnis

Media sosial menjadi sarana favorit pebisnis online saat ini karena fungsinya sudah tak diragukan lagi dan membawa banyak manfaat bagi para pengusaha untuk memperluas jangkauan pemasaran dan promosi mereka. Namun nyatanya, para pebisnis online belum mampu menyusun strategi sosial media marketing dengan baik dan efektif.

Meski media sosial telah hadir sebagai ruang penuh kreasi dan inovasi dalam melakukan promosi dan strategi sosial media marketing potensial, tapi tetap terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pebisnis online dalam menjalankan bisnis mereka di media sosial. Seperti 7 kesalahan dalam merencanakan strategi sosial media marketing yang perlu Anda ketahui dibawah ini:

1. Menggunakan Semua Jaringan Media Sosial

Kesalahan strategi sosial media marketing yang pertama adalah Anda menggunakan semua jaringan media sosial. Kami tahu tujuan Anda menggunakan seluruh ruang media sosial agar Anda mampu menjangkau banyak target pasar dari berbagai platform, namun tidak semua media sosial sesuai dengan tema bisnis Anda. Pilihlah beberapa yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda dan pastikan pula apakah media sosial yang Anda pilih efektif untuk promosi atau tidak.

2. Gagal Mengidentifikasi Target

Kebanyakan para pebisnis menyamaratakan target pasar mereka untuk seluruh platform media sosial yang digunakan, namun nyatanya golongan pengguna tiap media sosial tidaklah sama. Tiap jenis media sosal memiliki tema dan kategori tertentu seperti jenis kelamin, domisili dan umur. Jadi pastikan postingan promosi yang Anda lakukan tidak salah sasaran.

3. Media Sosial Spamming

Media sosial menjadi ruang komunikasi dengan sistem dua arah. Jangan gunakan media sosial hanya sebagai sarana untuk memberikan konten-konten iklan dan melakukan spamming pesan secara terus menerus. Berikan konten yang informatif, berkualitas dan posting dengan terjadwal. Ini dilakukan agar konsumen Anda tidak merasa terganggu dan urung menekan tombol ‘unfollow’ pada akun media sosial bisnis Anda.

Jadi Anda sudah tahu apa yang harus Anda hindari dalam merencanakan maupun melakukan action dari strategi social media marketing Anda bukan? Manfaat berbagai ruang media sosial untuk bisnis dengan efektif namun optimal, jangkau pasar lebih luas omset alami peningkatan maksimal.

Baca Juga: Jago Tarik Pelanggan, Inilah Cara Menulis Iklan Copywriting yang Menjual di Facebook (Part 1)

Post a Comment