Digital Marketing School Bandung

Kenali Strategi Pemasaran Digital yang Paling Efektif Untuk Bisnis Kafe

Gunakan Strategi Pemasaran Digital Ini Untuk Lebarkan Sayap Bisnis Kafe Anda

Bisnis kafe dan coffee shop sepertinya sedang makin digandrungi oleh para pebisnis muda dan millennial saat ini. Seiring dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi rupanya berdampak terhadap perilaku dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Salah satu yang sangat terlihat adalah gaya hidup kaum masyarakat menengah ke atas dalam menghabiskan waktu di kafe atau coffee shop.

Banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan kafe dan kedai kopi sebagai tempat mereka untuk bercengkrama dengan rekan, merilekskan pikiran, mengerjakan sesuatu bahkan hingga hanya sekedar untuk menambah koleksi foto di smartphone mereka.

Inilah yang menjadikan banyak pebisnis startup yang berasal dari kaum millennial mulai tertarik untuk melirik bisnis kafe dan coffee shop. Sebagian ada yang langsung melejit, namun ada pula yang masih perlu berjuang ekstra untuk menjadikan bisnis mereka dikenal masyarakat. Disini strategi pemasaran digital bekerja. Di zaman serba teknologi ini, masyarakat akan lebih sering mendapatkan informasi terbaru melalui media sosial.

Untuk itu, penting sekali bagi pebisnis yang sudah maupun ingin berkecimpung di dunia bisnis kafe dan coffee shop untuk mengetahui strategi pemasaran digital apa yang perlu dilakukan untuk melebarkan bisnis Anda agar terjangkau oleh pasar. Simak artikel ini hingga habis.

1. Konsep Kafe

pemasaran-digital-bisnis-kopi-2

Sebelum Anda melakukan promosi di media sosial, ada beberapa hal yang harus Anda rencanakan. Salah satunya adalah menentukan konsep dan dekorasi kafe. Sebagian masyarakat yang datang bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan makan dan minum saja tetapi gaya hidupnya. Kafe harus memiliki konsep yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Mulai dari interior, eksterior harus instagramable dan menarik untuk dijadikan tempat foto bagi pengunjung.

2. Ciptakan Cita Rasa Unik

pemasaran-digital-bisnis-kopi-3

Berbisnis kafe dan coffee shop bukan hanya sekedar menonjolkan sisi konsep kafe yang diminati pengunjung, namun Anda juga perlu memperhatikan kualitas sajian menu-menu yang akan ada di kafe Anda.

Biasanya pengunjung akan senang memposting foto menu-menu di kafe yang memiliki tampilan serta rasa yang sempurna di media sosial mereka, hal ini tentu akan menjadi kesempatan emas bagi pertumbuhan bisnis Anda karena secara tidak langsung, mereka sedang mempromosikan kafe Anda kepada rekan-rekan mereka di media sosial.

3. Membuat Akun Media Sosial dengan Feeds Cantik

pemasaran-digital-bisnis-kopi-4

Disini strategi pemasaran digital Anda akan dimulai. Target pasar kafe maupun coffee shop lebih condong kepada masyarakat yang sebagian besar mengkonsumsi media sosial sebagai alat perolehan informasi. Buatlah akun media sosial seperti Instagram dengan nama akun dan berbagai isi konten (feeds) yang cantik. Anda bisa mengambil berbagai tema untuk feeds kafe dan coffee shop Anda seperti tema vintage, calm, retro maupun minimalis.

4. Manfaatkan Influencer Untuk Perluas Jangkauan Pasar

pemasaran-digital-bisnis-kopi-5

Strategi pemasaran digital yang bisa Anda lakukan adalah mengundang influencer di bidang kuliner yang telah memiliki banyak followers di media sosial mereka. Biasanya trik ini sangat ampuh dan terbukti mampu mendatangkan banyak pelanggan baru yang penasaran dengan kafe atau coffee shop Anda dari ulasan yang telah diberikan oleh sang influencer.

5. Promosikan Tawaran dan Promo Menarik di Media Sosial

pemasaran-digital-bisnis-kopi-6

Memberikan kartu member, promo diskon, giveaway maupun mengadakan kegiatan mengenai kafe atau coffee shop Anda juga dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran digital yang cukup ampuh. Mereka akan lebih tertarik untuk datang jika ada hal pemanis (sweetener) yang Anda berikan kepada mereka.

Setelah mengetahui semuanya, sekarang waktunya Anda untuk menerapkan kelima strategi pemasaran digital ini pada bisnis kafe maupun coffee shop Anda. Jika Anda membutuhkan pemahaman lebih detail, kami memiliki kelas training mengenai digital marketing disini. Selamat mencoba!

Baca Juga: Strategi Jualan di Instagram: Tips Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Post a Comment