Mari Mengenal Bisnis Startup!

Dalam kamus besar Bahasa Inggris – Indonesia oleh Hassan Sadili, Startup artinya memulai atau merintas secara umum. Namun dalam konteks yang lain, startup bisa juga diartikan sebagai proses mengnyalakan dan mengaktifkan mesin seperti komputer dan lain – lain. Dilansir dari Indosmart Digital, perusahaan Startup berarti perusahaan yang  baru berdiri dan berkembang untuk menentukan strategi yang cocok. Sehingga bisnis startup bisa disimpulkan sebagai perusahaan yang baru berdiri dan sedang dalam tahap berkembang, namun pergerakannya terlihat leboh cepat. 

  1. Ciri – ciri
  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah karyawan kurang dari 20 orang
  • Kebanyakn beroperasi dalam bidang digital dan teknologi
  • Beroperasi melalui website, internet, dan lain – lain.

2. Perkembangan Di Indonesia

Di Indonesia sendiri bisnis ini cukup berkembang pesat mengingat pemerintah sangat menyetujui untuk setiap pelaku usaha beralih ke ekonomi digital. Hampir setiap tahun dan bulan, selalu ada perusahaan start up baru bermunculan dengan founder – founder hebat. Kerennya lagi, sudah ada 3 perusahaan jenis ini di Indonesia yang sukses menjadi unicorn, yang artinya memiliki nilai diatas US$1 Milliar (Rp. 13,5 Trilliun). Tersebutlah GO-JEK, Tokopedia, dan Traveloka.

Melihat sejumlah fakta yang ada, apakah kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan Startup atau justru ingin menjadi founder dari perusahaan keren yang biasanya  memiliki banyak pegawai dari generasi millenial atau kaum muda ini? Baca juga: Pilih Mana, Biaya Mahal Atau Terjangkau Melalui Digital Strategies?

Post a Comment